Minggu, 25 Februari 2018 bertempat di Padepokan Balekambang STIE Malangkucecwara telah diselenggarakan acara bertajuk International Day-2. International Day-2, yang bersamaan dengan Dies Natalis STIE Malngkucecwara ke 47 dan hari ulang tahun Indonesian Studies Program (ISP) yang ke 16 bertujuan untuk mengenalkan budaya mancanegara kepada masyarakat Indonesia serta mempromosikan kegiatan akademik ke-BIPA-an dan keIndonesiaan di (ISP) STIE Malangkucecwara. Selain itu, diharapkan mahasiswa asing yang hadir di acara tersebut menjadi duta bangsa masing-masing negaranya serta akan menjadi corong informasi tentang Indonesia di seluruh dunia.

Acara ini gratis dan terbuka bagi masyarakat umum. Kegiatan yang mengambil tema “Memperkuat Hubungan Antarnegara Melalui Diplomasi Budaya” turut diramaikan oleh sejumlah Perguruan Tinggi penyelenggara program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing se-Malang Raya, antara lain dari STIKI, Polinema, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang. Terdapat sekitar 14 Negara yang mahasiswanya turut berpartisipasi dalam acara ini. Perwakilan mahasiswa tersebut antara lain berasal dari negara Madagaskar, Mesir, Jepang, Libya, Polandia, Malaysia, Vietnam, The Gambia, Rusia, Thailand, China, India, Kamboja, Tanzania.

Peserta dari berbagai negara tersebut menikmati sajian khas Indonesia berupa kuliner jajanan pasar, tarian tradisional dan pertunjukan keroncong. Tidak ketinggalan mereka juga mengikuti lomba beberapa permainan tradisional Indonesia yang diselenggarakan panitia, antara lain congklak, balap karung, lomba makan kerupuk, memasukkan bolpoin dalam botol, balap kelereng, dakon dan lain-lain.

Pengunjung yang datang dimanjakan dengan berbagai stan menarik, stan sajian kuliner khas Indonesia, Mesir dan Jepang, stan permainan tradisional dari Jepang, stan hiragana dan katakana, stan origami, stan busana tradisional Jepang Yukata dan Kaftan dari Mesir yang boleh dicoba oleh pengujung. Beberapa stan juga menyediakan berbagai pernak-pernik dan juga makanan khas yang dijual dengan harga yang terjangkau. Pengunjung juga dapat bertanya pada mahasiswa asing mengenai budaya di masing-masing negara. Salah satu pengunjung misalnya sangat antusias dengan kebudayaan Jepang, Bapak yang datang dengan kedua anaknya ini menyatakan bahwa dirinya sangat suka dengan kebudayaan Jepang.

Tidak hanya mendapat hiburan berupa pertunjukan musik dan tari dari Indonesia, pengunjung juga dapat menyaksikan penampilan yang menghibur dari mahasiswa asing. Penonton menikmati kemerduan suara peserta dari Madagaskar yang menyanyikan salah satu lagu tradisional negaranya.  Bahkan menariknya salah satu peserta dari Jepang menyanyikan sebuah lagu dangdut populer Indonesia yakni Jaran Goyang. Acara yang dimulai pada pukul 9 pagi ini berakhir pada pukul 3 sore. Pada acara ini pengunjung mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan juga pengetahuan kebudayaan dari tiap-tiap Negara. Diharapkan acara ini akan menjadi acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh ISP dan KUI STIE Malangkucecwara.

Malangkucecwara International Day: Sehari Mencicipi Budaya Dunia