Mendapat Hibah Erasmus+, STIE Malangkucecwara ikuti Workshop Entrepreneurship bersama 10 Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri


TRIBUNJOGJA.COM – Universitas Islam Indonesia (UII) bersama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar workshop dengan tema “Growing Indonesia:
Triangular Approach (GITA)”.

Workshop GITA Erasmus+ ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas universitas yang menjadi anggota dalam hal kewirausahaan (entrepreneurship). Inti dari tema kegiatan workshop GITA Erasmus+ adalah bagaimana memperkuat entrepreneur mindset, sehingga bukan semata-mata memberikan capacity building untuk membuat bisnis.

“Dari entrepreneur mindset ini ke depan adalah bagaimana kita bisa memaknai kegiatan program dan menjadikannya sebagai platform atau katalis ke arah entrepreneur university. Kegiatan GITA Erasmus+ menjadi titik awal dalam kerjasama entrepreneurial,” kata Fathul Wahid, ST, MSc, PhD, Rektor UII saat jumpa media, Kamis (19/7/2018).

Melalui kegiatan ini, Fathul melanjutkan, jaringan-jaringan ini diharapkan dapat membesarkannya di Indonesia di masa yang akan datang. Dengan menularkan ke universitas yang Iain, dan mengembangkan dalam konteks di Indonesia.

Dalam agendanya, hari pertama diskusi dilaksanakan di kampus UII untuk membahas bagaimana rencana masing-masing peserta mewakili universitas dalam mengimplementasi hibah dari Erasmus+ tersebut.

Fokus diskusi dalam pertemuan ini untuk mendapatkan rencana yang akan dilaksanakan ke depan, dan juga bagaimana rencana pengembangan fisik dari program GITA, atau sering disebut sebagai growth hubs.

“Growth hubs adalah salah satu unit yang memfasilitasi hubungan antara universitas-universitas dengan pelaku kewirausahaan di luar. Termasuk juga menghubungkan mahasiswa dengan industri dan pemberi kerja,”

Sekitar 40 peserta dari 11 universitas turut serta dalam pelaksanaan agenda workshop, yakni dari University of Gloucestershire, Fachhochschule des Mittelstands, Dublin Institute of Technology, Innsbruck University, President University, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Brawijaya University, STIE Malangkucecwara, Universitas Ahmad Dahlan serta dari Universitas Islam Indonesia.

Sumber: Tribun Jogja