KOTA BATU – Puluhan mahasiswa asing dari berbagai negara berkumpul di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Selasa (26/2). Sekitar 70 mahasiswa yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, Madagaskar, Kenya, dan masih banyak lainnya ini bakal berkeliling ke area wisata alam di Kota Batu.

Prof Suyoto dari Kanda University of International Studies, Jepang mengatakan mahasiswa asing tersebut mengikuti International Day Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) III. Melalui kegiatan ini para mahasiswa diharapkan mampu bersosialisasi dalam menyatukan masyarakat internasional untuk dikenalkan akan kebudayaan Indonesia dan bahasanya.

“Paling tidak mereka mengenal kebudayaan di sini, nantinya bisa dikenalkan kepada keluarganya, teman-temannya yang ada di negaranya. Kali ini di Kota Batu, bisa dikenalkan tentang segala area wisata di sini,” terangnya.

Salah satu mahasiswa asing asal Jepang, Minori Sekizawa mengaku selama 6 bulan berada di Indonesia sebagai mahasiswa pertukaran pelajar di STIE Malangkucecwara ia senang belajar mengenal budaya Indonesia.

“Saya senang, karena selain belajar bahasa saya juga belajar budaya kehidupan di sini yang jauh berbeda. Ada tarian, dan menggambar batik itu paling saya suka,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menyambut baik kedatangan mahasiswa asing itu. Ia berharap mereka bisa mengenalkan ke wilayah negara masing-masing peserta akan Kota Batu yang menjadi destinasi wisata favorit.

“Kita harapkan mereka main ke Batu, keliling berwisata nanti berswafoto dan menguploadnya ke sosial media. Dan bisa menjadikan Kota Batu pilihan destinasi wisata favorit baik bagi keluarga, teman, kolega dan yang lainnya,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia

Sumber: Radar Malang, 26 Februari 2019

MEMBATIK DAN MENARI BIKIN MAHASISWA BULE KEPINCUT