Tiga mahasiswa STIE Malangkucecwara yaitu Reza Maulana Andriansyah, Nurul Hana Pertiwi, dan Gloria Aznath Olivia Wopari baru saja pulang dari Universiti Utara Malaysia (UUM) yang terletak di Sintok Kedah setelah mengikuti International Academic Visit yang dilaksanakan selama 14 hari. Kegiatan ini juga diikuti oleh Mahasiswa Universitas Kanjuruhan.

Menurut Ir. Dwi Nita Aryani,MM, PhD, ketua Kantor Urusan Internasional STIE Malangkucecwara yang mendampingi mereka disana, mata kuliah yang diikuti Gloria dari jurusan Manajemen adalah Pengurusan Perubahan, Pengantar Pemasaran, Rancangan Perniagaan, dan Pengurusan Etika.  Sedangkan Reza dan Hana dari jurusan Akuntansi mengikuti perkuliahan Perakaunan Kewangan, Seminar Perakaunan Pengurusan, Perakaunan Forensik dan Amalan Kesetiausahaan. Sedangkan 16 mahasiswa dari Universitas Kanjuruhan masuk dalam English Education Program.

Selama berkegiatan disana, masing-masing mahasiswa didampingi oleh buddies yang baik dan ramah. Buddies yang terlibat dalam inbound program tergabung dalam Global Buddies Club (GBC), yang dikoordinir oleh Bpk. Khairul Anuar Adnan , MBA. Beliau dengan setia menemani mengajak mahasiswa dan buddies untuk menikmati berbagai fasilitas di kampus UUM yang luasnya hampir 1000 hektar, seperti Go-Kart, Campus Cycling, Jungle Trekking, Canoeing, Hiking Bukit Bunga Raya, dan Jungle tracking & Hidden Lake.

Selama 2 minggu jadwal acaranya sangat padat. Selain mengikuti perkuliahan setiap hari Minggu sampai Kamis, mereka juga mengikuti kegiatan di luar kelas setelah selesai kuliah atau pada hari libur Jumat dan Sabtu, yaitu Industrial Trip ke DXN Company di Kedah, mengunjungi masjid Zahir, masjid tertua di Alor Setar, Aman Sentral, dan Changlun Night Market serta Gua Kelam di Perlis. Selain itu, mahasiswa berkesempatan mengunjungi U-Assist, suatu departemen untuk urusan mahasiswa asing dan alumni.

Perpustakaan “Sultanah Bahiyah” menjadi tempat yang nyaman dan cozy bagi mahasiswa ketika menunggu jeda waktu perkuliahan berikutnya.

“Program tersebut sangat menyenangkan. Hubungan antara dosen, mahasiswa dan buddies sangat dekat. Saya mendapatkan banyak manfaat serta pengalaman yang baru. Selain bisa menimba ilmu akuntasi, saya mempunyai banyak teman dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Bangladesh”
cerita Reza. Pesannya untuk kedepan, hubungan kerjasama yang baik dengan UUM semakin ditingkatkan, kegiatan outbound mobility seperti ini seharusnya dilakukan setiap tahun dan jumlah mahasiswa yang ikut tahun-tahun berikutnya semakin banyak.

Gloria menambahkan, bahwa dia memperoleh wawasan internasional yang lebih luas, bisa merasakan suasana perkuliahan dan academic
atmosphere yang berbeda dengan di kampus. “Saya sangat terkesan dengan program ini. Kami tinggal di Inasis (Inapan siswa) Al Bukhari yang bersih dan nyaman, dekat dengan kafetaria yang menyajikan berbagai makanan dan minuman yang sangat murah. Untuk menuju gedung kuliah, kami menggunakan bis gratis yang lewat setiap 15 menit di depan asrama” ungkap Hana.

International academic visit di dibuka tanggal 21 September dan ditutup tanggal 4 Oktober oleh Bpk. Prof. Madya Dr. Hendrik Lamsali, Dekan Pejabat Pembangunan Pelajar dan Alumni, College of Business UUM di gedung Anjung Tamu yang dalamnya sangat mewah. Yang unik dari kampus ini adalah keberadaannya yang ditengah hutan, namun ada Varsity Mall di dalamnya yang menjual segala macam kebutuhan mahasiswa.

Mewujudkan Mahasiswa yang berwawasan global, Mahasiswa ABM mengikuti perkuliahan internasional di Malaysia