ABM Goes To Innsbruck, Austria

membangun inkubator bisnis bagi mahasiswa.


Butuh kurang lebih 35 jam perjalanan dari Malang menuju Innsbruck, Austria, bagi Ketua KUI (Kantor Urusan Internasional) STIE Malangkucecwara Ir. Dwi Nita Aryani, MM PhD bersama Kepala Bagian PSDM, Fera Tjahjani, SE, Ak., MM yang mendapat amanah untuk memaparkan kegiatan yang didanai oleh Uni Eropa bertajuk Growing Indonesia a Triangular Approach (GITA).

Pada 13 Desember 2018, bertempat di University of Inssbruck, Fera mempresentasikan inkubator bisnis yang diperuntukkan bagi Mahasiswa ABM yang sedang membangun bisnis, atau pun yang sudah mempunyai usaha. Sedangkan Nita menjelaskan kegiatan pembinaan UMKM serta rencana Kampus ABM untuk mendorong mahasiswa menjalankan startup business.

Konsorsium dari 4 perguruan tinggi luar negeri yaitu University Of Gloucestershire Inggris, University of Inssbruck Austria, Dublin Institute of Technology Irlandia, Fachochscule des Mittelstands Jerman, dan 7 perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, UII Yogyakarta, Universitas Padjajaran Bandung, Univertisa Achmad Dahlan Yogyakarta, President University Jakarta, termasuk juga STIE Malangkucecwara, pada kesempatan itu berdiskusi dengan beberapa perwakilan mahasiswa University of Innsbruck yang menjalankan startup business. Mereka bercerita bagaimana proses mulai dari pencarian ide sampai pembuatan produk dan bagaimana memasarkannya.

Dalam hal mendorong Mahasiswa untuk memulai startup business, STIE Malangkucecwara sedang membangun sebuah inkubator bisnis bernama Growth Hub.

Melengkapi sarana fisik, STIE Malangkucecwara juga membangun dan mengelola web portal kegiatan GITA, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh kalangan akademisi mulai dari Mahasiswa/Dosen, dari kalangan praktisi serta industri kecil menengah, pemodal, pemerintah daerah maupun pusat, dan kalangan umum lainnya.

Dalam web portal tersebut akan disediakan informasi kegiatan atau aktivitas entrepreneurship oleh Mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi yang tergabung dalam konsorsium. Mulai dari kegiatan pelatihan, seminar, product showcase dan pemaparan ide kreatif dari Mahasiswa inkubator. Material resources yang berhubungan dengan entrepreneurship juga akan disediakan oleh peserta konsorsium dari luar dan dalam negeri.

Kegiatan ini sejalan dengan visi STIE Malangkucecwara

yaitu menjadi perguruan tinggi bisnis yang berorientasi global

Kelanjutan dari pertemuan di Austria ini akan digelar pertemuan kembali di Indonesia pada tanggal 10-11 April 2019, bertempat di STIE Malangkucecwara dan Universitas Brawijaya


Raih Hibah Erasmus+, Pamer Produk ke Inggris

Tim STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Malangkucecwara (ABM) melakukan kunjungan ke Growth Hub di University of Gloucestershire, Inggris.

ABM Goes To Austria: Mendorong Startup Business