salah satu mahasiswa asal Jepang memperkenalkan diri dalam kegiatan Internasional Day BIPA III STIE Malangkucecwara dengan tema ‘Pengembangan Literasi Program Pariwisata Cerdas sebagai Soft Diplomatik untuk Mempererat Hubungan Antar Bangsa’, di Graha Pancasila Kota Batu, Selasa (26/2/2019)

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – Sebanyak 70 orang mahasiswa dari 15 negara berbondong-bondong ke Kota Batu, Semasa (26/2/2019).

Mereka dalam rangka Internasional Day BIPA III STIE Malangkucecwara dengan tema ‘Pengembangan Literasi Program Pariwisata Cerdas sebagai Soft Diplomatik untuk Mempererat Hubungan Antar Bangsa’, di Graha Pancasila Kota Batu.

Mereka ada yang dari Jepang, Korea Selatan, Mesir, Madagaskar, dan lainnya. Mahasiswa ini menempuh studi di universitas di Malang Raya. Satu mahasiswa dari Jepang, Minori Sekizawa mengatakan ia berada di Indonesia sudah 6 bulan. Selama menempuh studi di Malangkucecwara ia banyak belajar tentang budaya di Indonesia.

“Saya suka sekali wisata yang ada di sini, udara sejuk dan menyenangkan. Saya juga banyak belajar budaya tari, membatik,” kata dia yang punya nama Jawa Lestari.

Sepulang dari Indonesia ia akan menceritakan kepada keluarganya tentang pengalamannya selama berada di Indonesia. Ia juga mengungkapkan menyukai makanan bakso, dan tidak suka dengan buah durian. “Enak-enak makanan di sini, saya juga pernah membuat topeng, pengalaman itu saya beritahu ke keluarga setelah pulang nanti,” imbuhnya.

Prof Suyoto dari Kanda Universitas of International Studies mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan selama setahun sekali. Dengan tujuan melalui kegiatan ini bisa menyatukan masyarakat internasional untuk bersosialisasi. Baik dalam hal budaya, bahasa. “Tidak menutup kemungkinan sebagai ajang promosi pariwisata yang ada di sini Kota Batu. Kita bisa mempromosikan pariwisata ke ranah mancanegara,” kata Suyoto.

Mendapat kunjungan dari mahasiswa berbagai negara, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso meminta kepada mahasiswa itu untuk swafoto. Setelah swafoto diupload ke media sosial. Ia berharap bisa dikenal diberbagai daerah bahkan hingga mancanegara. “Kami punya tempat wisata alam, Coban Talun, Coban Rais, Selecta. Silahkan foto, diupload dimedia sosial,” kata Punjul.

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul Mahasiswa 15 Negara Lirik Wisata Alam di Kota Batu, http://suryamalang.tribunnews.com/2019/02/26/mahasiswa-15-negara-lirik-wisata-alam-di-kota-batu
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin

Mahasiswa 15 Negara Lirik Wisata Alam di Kota Batu